Cerita di Bandung Niy

Bandung, sudah lama saya ingin ke salah satu kota besar di era kolonial ini. Alasan utamanya saya belum pernah kesini kecuali dulu cuma makan, kondangan dan langsung pulang, jadi tidak sempat kemana-mana. Alasan kedua mau ketemu seseorang (ini bisa ditukar jadi alasan pertama wkwkwk), alasan ketiga saya sedang ada waktu luang yang kayanya semakin jarang ke depannya. Tambah pengen ke Bandung setelah lihat postingan-postingan di IG dimana foto bangunan tuanya yang begitu berlimpah, jadi tambah pengen main kesana aku tu.

Hampir sama kaya sebelumnya yang jalan-jalan ke Surabaya inipun ngeblank gitu ntar sampai sana mau kemana aja. Bedanya kalo ke Bandung ini beli tiketnya tidak dadakan kaya ke Surabaya. Kemarin saya beli tiket pergi 2 minggu sebelum keberangkatan, kalo yang Surabaya seminggu sebelum kalo tidak salah ingat. Bedanya lagi di Surabaya ada sahabat saya sejak SMA yang sudah tinggal di sana jadi hapal lah kalo mau kemanapun sedang di Bandung ini nihil teman hahaa..

Dan kalian tahu menunggu selama itu rasanya sama sekali tidak menyenangkan apalagi yang ditunggu itu sesuatu (baca : seseorang) yang istimewa. Padahal kalo lagi ga menunggu, seminggu itu rasanya cepat, tambah cepat kalo lagi banyak kerjaan dan tabungan haha..

Skip langsung hari H-1, orang yang pengen saya temuin mendadak tidak janji bisa nemenin di Bandung. Bimbang saya batalin atau gak kesananya, ah sudahlah lanjut saja pikir saya lagipula disana ada adek yang sedang kuliah dan belum pernah saya tengokin. Hotelnya pun terlanjur saya bayar, rugi juga kalo hangus hehehe.. Well i am ready to go tomorrow, kalo gak sekarang kapan lagi.

Beres merampungkan pekerjaan, saya pulang sore dan langsung berkemas. Kereta berangkat jam 9 malam, tapi jam 7 saya sudah sampai Stasiun Tawang. Abis nyetak tiket saya lari ke Polder Tawang, cari es kopi sambil nunggu kereta datang. Nah di Tawang agak mending rasanya, karena saya bisa cari ide nulis dan melihat sekitar yang ternyata ramai banget kalo malam. Asik juga kapan-kapan ke sini cari inspirasi. Di dalam kereta seingat saya ga ada yang menarik, saya habiskan membaca bukunya Coelho sampai ketiduran, bangun-bangun sudah sampai stasiun Cimahi yang kata adek saya sudah dekat dengan Bandung.

Betul saja tak sampai setengah jam kereta sudah berhenti di tujuan yaitu Stasiun Bandung. Turun kereta saya tanya dulu ke petugas stasiun arah mana peron lamanya karena kemarin sempat tanya di IG kalo Braga lebih dekat dengan pintu stasiun lama. Setelah ketemu peronnya saya pesan ojek online dan langsung meluncur ke Indomaret Point di Braga yang pastinya buka 24 jam, all hail capitalism!

Jadilah saya turis pertama yang datang di Jalan Braga karena masih jam setengah lima pagi. Saya sengaja duduk-duduk dulu di kursi sambil merokok untuk menunggu agak terang. Dan ya saya sebetulnya masih ngeblank mau kemana, karena cek in hotelnya juga masih jam 2 siang. Anyway melihat jalan Braga pagi kemarin sungguh indah karena masih sepi, lampu-lampu masih menyala plus bangunan tuanya yang menurut saya sepanjang jalan itu masih terpakai semua, terasa kembali ke masa jayanya di tahun 30an.

Begitu agak terang dan lihat petunjuk peta di hp, saya putuskan berjalan kaki mencari Alun-alun Bandung. Pikiran saya di Alun-alun banyak yang menjual makanan untuk sarapan (karena perut saya pasti lapar kalo pagi) dan bisa selonjoran di lapangannya yang terkenal nyaman itu.

Nah bangunan tua Bandung yang cantik-cantik dan terawat ternyata memang benar di kawasan Alun-alun Bandung ini. Jadi selama jalan kaki saya banyak ambil foto yang saya taruh di IG saya, diantaranya gedung Antara di pojok Braga, bekas gedung bioskop Majestic, gedung Museum Asia Afrika, bekas supermarket De Vries, Gedung Merdeka dan banyak deh, puas saya lihat dan ambil fotonya.

Di Alun-alun keinginan saya selonjoran tercapai sambil nunggu kabar adek saya yang katanya mau menjemput bawa motor. Hampir 1,5 jam saya di situ sambil foto-foto bangunan tua di sekitar kawasan Alun-alun. Adek saya mengabarkan ke saya kalau dia baru datang siang, maka saya putuskan jalan lagi mencari sarapan. Kali ini dapat informasi ada warung kopi dan makan yang berdiri sejak tahun 1930 di dekat Alun-alun namanya warung kopi Purnama.

Tanpa pikir panjang saya menuju kesana karena perut sudah keroncongan. Kali ini jalan tanpa bantuan peta hp karena memang benar dekat, ga sampai 10 menit jika jalan kaki. Sayangnya waktu mau makan di sana ternyata ramai tempatnya pemirsa. Alhasil saya makan bubur ayam di depan warung kopinya, lumayan yang penting bisa foto dan sarapan dulu.

Habis makan masih ngeblank mau lanjut kemana. Melihat tempat ngopi baru jam 10 pada buka padahal hp udah tinggal setengah baterainya dan Alun-alun juga udah panas , akhirnya saya coba cari hotel tempat saya menginap yang ternyata lumayan juga jaraknya. Dari Alun-alun sekitar 20 menit lah kesana, pegel jalannya mana belum istirahat. Di hotel karena belum bisa cek in jadinya saya cuma numpang ngecas, istirahat sebentar dan mandi setelah itu balik ke Jalan Braga untuk cari es kopi.

Tempat ngopi pertama saya hari ini namanya Kopi Djawa, konon dulunya adalah sebuah toko buku yang terkenal sejak era kolonial yang namanya Toko Buku Djawa (?) Ga yakin juga siy tentang sejarahnya yang jelas es long blacknya enak dan segar di tengah panasnya Braga. Iya ga sedingin saat saya subuh sampai sini tadi. Dapat kabar adek saya udah mau sampai kesini, jadi saya foto-foto lagi di jalan Braga sembari menunggu dia datang.

Setelah adek saya datang tadinya berencana mau ke Gedung Sate yang sedang ada festival kopi, tapi karena sama-sama buta jalan Bandung, meskipun buka map ternyata malah kesasar macet ga jelas wkwkwk... Akhirnya balik cari makan di sekitar Balaikota Bandung dan ke Braga lagi untuk ngopi ronde kedua. Kali ini tempat ngopinya di sebelah bioskop Majestic yang tersohor di zaman kolonial. Tempatnya sepi, kopinya juga enak dan ada gitarnya. Jadilah saya ngobrol lama di sini sama adek, kayanya lama ga ngobrol begini, dia udah mau lulus saja sekarang dari kuliahnya.

Karena Unpad tempat kuliah adek saya itu ternyata jauh dari kota Bandung, saya kasian juga kalo dia pulang kemaleman, yowis saya suruh dia balik duluan aja dan saya juga balik ke hotel mau istirahat. Jadi Sabtu malam yang kebetulan hujan itu jadilah saya tidak kemana-mana. Cuma di hotel, mainan hp, ngerokok terus tidur. Ya entah kenapa ga suka namanya malam Minggu, ga di Solo, Semarang, di sini pun saya malas keluar, karena bayangan saya pasti ramai sekali di Braganya.

Bangun Minggu pagi dan sarapan, saya jalan lagi ke Braga. Es kopi pertama yang saya minum yaitu kopi amerika yang gambarnya putri duyung karena tempat ngopi yang lain masih pada tutup. Di situ baca buku sambil foto-foto. Dapat kabar pagi hari ini orang yang mau saya temuin juga belum bisa nemenin karena kerjaannya belum beres, jadi adek saya yang saya minta temenin, mau gimana ya kan? hahaha

Kami pun meluncur ke arah gedung sate setelah cekout dulu dari hotel, kali ini ga kesasar tapi pamerannya udah bubar zzzz... Terlanjur sampai daerah sana, saya ingat sebelahnya ada Museum Pos yang juga terkenal, dan berita gembiranya ternyata Museum Posnya juga tutup karena hari itu Minggu, zzzz lagi. Ya sudah foto-foto dari luar saja terus cari makan siang balik ke arah Alun-alun.

Btw siang itu saya ingat harus cari tiket pulang, dan saat saya cari tiket online habis semua hari itu saudara-saudara, bagus! padahal saya udah bingung mau kemana lagi di Bandung. Untungnya tiket untuk hari Senin masih ada, pilihannya pagi sama malam, saya ambil tiket yang malam, karena saya pikir kalo berangkat pagi pun sampai Semarang ga sempat masuk kerja juga dan juga saya masih ada harap di hati Senin mungkin bisa ketemu orangnya ehehehe...

Mikir mikir mau nginep antara di Braga atau ikut adek saya ke Unpad, pilihan kedua kayanya lebih masuk akal, daripada saya ga jelas sendirian di Bandung. Jadilah saya ke ikut ke Unpad. Di luar bayangan saya jalan ke Unpad emang macet dan jauh! Tapi kampusnya emang top siy, kaya hutan lindung gitu bentuknya, kayanya kalo kuliah situ bakal ngantuk mulu karena hawanya adem.

Tidak ada cerita yang menarik di hari Senin pagi, baru sorenya balik ke Braga nunggu kereta dengan agenda ngopi sore. Lengkap sudah jalan Braga subuh-siang-sore-malam udah saya rasain semuanya, foto juga udah banyak dan waktunya untuk pulang ke Semarang.

Terimakasih Bandung untuk kenangan manis dan pahitnya, saya pengen kesini lagi siy kapan-kapan, melihat bagian kotanya yang lain katanya masih banyak bangunan tua selain saya tulis di atas tadi. Sekian tulisan jalan-jalan ke Bandung saya kali ini. Fotonya saya tambahkan jika sudah ada leptop. Tabik