2011 berlalu....

Gila udah desember aja, ga kerasa udah hampir tutup tahun lagi. dan biasanya kalo mau ganti tahun orang berefleksi tentang apa yang udah dilakukan setahun kemarin, dan begitu juga saya. Sering tiap malam saya merenungkan tentang kejadian tahun ini, apa yang udah saya lakukan dan belum saya lakukan. Seperti biasa dimulai dari kuliah.
Rencana lulus saya tahun ini belum terlaksana, setelah saya hitung-hitung SKS belum cukup untuk keluar dari kampus ini, yeah i really sucks with this campus sebenernya. Buah dari ga pernah masuk waktu awal-awal semester kuliah dan sekarang baru merasakan sumpeknya. Nyesel ? itu wajar namun bagi saya penyesalan tadi saya imbangi dengan kegiatan positif di luar kampus. Beneran deh kalo mikir kenapa ga lulus-lulus yang ada saya stres sendiri. Jadi tahun ini saya bener-bener coba serius bangun pagi untuk sekedar kuliah. Saya sekarang kuliah untuk mengamati dosen mengajar, ini ga lepas karena tahun ini saya udah dapat amanah baru yaitu udah jadi Instruktur di HMI alias jadi trainer buat Latihan Kader hehehe... Hikmahnya banyak diantara keterlambatan akademik ini dan saya bersyukur punya orang tua yang memahami kegiatan anaknya. God thank for you udah ngasih ortu ke saya yang baik banget :) . Oke cerita berlanjut tentang skripsi saya, setelah kemarin tertarik mau bikin skripsi tentang pelarangan buku namun saya urungkan karena putusan tersebut udah dikeluarin oleh Mahkamah Konstitusi . Yeah damn right saya  harus kumpulin data ulang untuk penulisan skripsi. Ga jauh dari HTN saya sekarang sedang mengumpulkan bahan tentang perlindungan perempuan dalam konstitusi. Idenya simple membandingkan konsep HAM dalam islam dan versi barat. Dan ternyata ide simple ini tetap ruwet dalam proses pengerjaannya! dan benar skripsi tetaplah ide ketika tidak dituliskan, sembari menulis ini saya udah nyicil bab awal kalo nantinya diajuin buat seminar proposal. sekian perkembangan kuliah saya, balik lagi ke cerita trainer HMI sungguh banyak pengalaman menarik. Sejak dari training SCnya di Semarang yang menurut saya kacau baik dari jadwal hingga isi materi namun sisi lainnya jelas teman saya bertambah lagi disana. Pasca SC saya udah ngisi 3 kali Latihan Kader. Capek dan seru juga ternyata menjadi trainer, dari proses skrining hingga rekap nilai membutuhkan pikiran dan fisik yang luar biasa (salut buat mas mas dan mbak mbak yang lebih dulu jadi trainer). Proses screening di HMI biasanya kalo LK 1 dibagi ke 3 kelompok yaitu pengetahuan umum, keislaman dan keorganisasian. Nah yang saya pilih adalah pengetahuan umum karena menurut saya disini bisa mengerti tentang wacana yang dimiliki calon anggota. Miris dari 3 kali LK  yang saya wawancara tentang  gerakan mahasiswa lebih dari separuh menjawab salah tentang kapan reformasi terjadi. Ya ini terlihat sepele namun kecenderungan ini saya lihat akibat putusnya tradisi gerakan mahasiswa di lingkungan kampus sejak awal ospek (atau sekarang namanya osmaru) ditambah lagi dengan kepusingan mahalnya biaya kuliah yang membuat mahasiswa sekarang lebih berpikir lo lo-gw gw . Tentang proses mengajar mahasiswa adalah bagian menarik ketika jadi trainer, tiga kali ini saya juga ngisi materi Mahasiswa Inti Kekuatan Perubahan Sosial. Pengalaman mengajar mahasiswa ini saya pikir ga pernah diajarin di kampus, kalopun menjadi asisten dosen jelas beda jauh, asdos sekarang menurut saya cuma bantuin dosen sedangkan kemampuan untuk mengajarnya sekedar text book doank.bonusnya paling cuma suruh koreksi tugas mahasiswa hehehe. ketika Training sendiri saya biasanya berhadapan dengan 20an mahasiswa, tak banyak memang namun metode saya mengajar lebih dialogis dan terbuka sehingga saya banyak juga belajar dari kawan2 ini. Pengalaman kedua yang menarik tahun ini adalah ketika diminta membantu skrining LK 2 HMI Cabang Sukoharjo, disini saya berkenalan dengan kawan-kawan dari Indonesia Timur dengan wacana yang saya pikir banyak perbedaan dengan wacana kawan-kawan mahasiswa di Jawa. Disini saya belajar juga bagaimana cara berdialog dengan orang yang keras dalam gaya bicara, ketemu juga dengan kawan dari Indramayu yang berapi-api ingin revolusi. Dan disitu katanya saya dicariin sama temen-temen waktu hari training besoknya karena pembawaan saya yang memotivasi :D. Wah tahun ini bener-bener hebat deh nanti tulisan ini disambung lagi

Share:

0 comments