Wedangan Di Pakem Solo

Mencari tempat ngobrol yang nyaman tidak harus selalu mahal, begitulah kesan saya saat main ke wedangan Pasar Kembang Solo atau lebih dikenal dengan nama wedangan Pakem. Letak wedangan Pakem ini sendiri berada di lantai 2 Pasar Kembang Solo yang dikenal sebagai pasar yang menjual berbagai macam bunga sejak zaman dahulu kala.

Menawarkan tempat yang nyaman, luas dan semi terbuka untuk konsep ruangannya, di Pakem kita akan disuguhi makanan dan minuman khas wedangan yang ada di kota Solo. Mau makanan berat seperti nasi bandeng, nasi bakar atau sekedar ngemil ngemil cantik tersedia di wedangan ini dengan harga yang terjangkau.

Uniknya kita juga bisa melihat berbagai macam karya seni seperti lukisan, patung, karya kreatif lainnya yang dipajang di sudut-sudut dinding pasarnya. Tak lupa sayup-sayup terdengar alunan musik merdu dari speaker menemani saat duduk di sana.
Sedikit cerita tentang tempat ini awalnya dikonsep oleh Pemerintah Kota Solo sebagai tempat untuk menampung pedagang bunga yang berada di pinggir jalan. Namun karena sepi para pedagang bunga kembali berjualan di tepi jalan dan lantai 2 Pasar Kembang ini pun kosong.

Dari cerita yang saya lagi peruntukkan lantai 2 ini pun kemudian berubah menjadi ruang pamer pekerja seni di kota Solo, display UKM serta working space alias ruangan kerja di luar kantor seperti yang sedang ngetren di kota-kota besar lain di Indonesia. Singkatan Pakem pun berubah kepanjangannya tidak hanya Pasar Kembang namun juga Pasar Kreatif Masyarakat Solo.
Konsep kedua inilah yang berjalan hingga sekarang ditambah dengan kehadiran wedangan yang mulai buka sore hari. Sudah puluhan event diadakan baik untuk seminar, diskusi maupun workshop yang diadakan berbagai komunitas di kota Solo.

Saat saya kesana kebetulan sedang ada acara Jam Session yang diisi oleh Solo Jazz Society, meski saya tidak mengerti musik jazz tapi asiklah daripada sepi, dan dari FB pages Pakem Solo acara ini rutin digelar setiap hari Kamis malam.
Saya sendiri suka dengan tempat yang sepi namun nyaman untuk mengobrol dengan teman-teman saya. Nah Pakem Solo ini bagi saya salah satu tempat yang membuat saya betah untuk berlama-lama tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Share:

0 comments